jump to navigation

YOGURT, SUSU ASAM BERKHASIAT‎ Agustus 12, 2007

Posted by arifardiyansah in Herba Galery, Umum.
trackback

Saat ini barangkali sebagian besar dari kita mengenal yogurt hanya karena pernah mencoba produk-produk yang ada di pasaran atau bahkan ada yang hanya sekedar pernah tahu saja tapi belum pernah mencicipinya. Sedikit saja yang tahu seperti apa rasa yogurt “polos”, tanpa gula dan perasa yang dibuat sendiri di rumah. Padahal bentuk dan rasa seperti itulah, yaitu lebih mirip dengan susu basi adalah yogurt yang asli. Bahkan lebih sedikit lagi yang tahu bagaimana cara membuat yogurt.


APA SIH YOGURT ITU ?

Yogurt adalah salah satu produk susu terkoagulasi (mengental), diperoleh dari fermentasi asam laktat melalui aktifitas bakteri Lactobacillus delbrueckii var. bulgaricus dan Streptococcus salivarus var. thermophillus, dimana mikroorganisme ini dalam produk akhir harus hidup aktif dan berlimpah.

Yogurt pada awalnya adalah produk yang tanpa disengaja dihasilkan oleh para pengembara saat melintasi padang pasir di Asia Barat Daya. Mereka membawa persediaan susu di kantung yang terbuat dari usus domba, tanpa disadari bakteri dari usus domba dan cuaca yang panas mengubah susu menjadi dadih (susu yang menggumpal) setengah padat. Setelah dicicipi ternyata rasanya yang asam menyegarkan lebih digemari, bahkan lebih awet daripada susu segar. Salah satu situs internet sebuah universitas di Kanada menyebutkan bahwa yogurt berasal dari Bulgaria, sehingga salah satu dari kedua bakteri yang ditemukan aktif pembentuk yogurt dinamai  L. bulgaricus. Mungkin saja maksud mereka adalah ditemukan pertama kali pada masa modern ini dalam suatu penelitian ilmiah. Sedangkan asal muasalnya tetaplah dari Asia Barat Daya (Arab).

 

KHASIAT YOGURT

Satu hal utama yang membuat yogurt sebagai minuman istimewa adalah khasiatnya bagi kesehatan. Bukan baru-baru ini saja, masyarakat Timur Tengah telah memanfaatkan yogurt sebagai minuman kesehatan selama sekitar 4000 th yang lalu. Selain itu negara lain  seperti Turki, Perancis, Mesir, India, Yunani, Bulgaria dan Rusia adalah Negara-negara yang telah menggunakan yogurt sebagai minuman sehari-hari, bahkan hadir dalam berbagai bentuk menu masakan.

Yogurt merupakan makanan hasil kerjasama dengan mikroorganisme. Tentu saja tidak sembarang mikroorganisme. Ada lima jenis bakteri yang ramah yang paling dikenal. Bakteri yang menguntungkan ini dikenal sebagai bakteri probiotik.. Diantaranya adalah: Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus casei, Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus. Dua bakteri terakhir adalah yang digunakan dalam pembuatan yogurt. Dua yang pertama hidup berdampingan dengan manusia dan saling membantu yang terdapat dalam usus manusia. Pada dasarnya kerja dua bakteri yogurt adalah menghasilkan asam laktat yang penting peranannya untuk menciptakan keseimbangan mikroflora usus. Keasaman yang dihasilkan mampu menghambat bakteri penyebab penyakit yang umumnya tidak tahan terhadap asam. Sementara bakteri lain yang memang seharusnya melimpah dirangsang untuk bertumbuh. Khasiat yogurt antara lain :

  • Memproduksi vitamin, meningkatkan nilai gizi dan membantu pertumbuhan

Saat proses fermentasi, terjadi kenaikan kadar vitamin-vitamin sebagai hasil kerja bakteri, yaitu A, B2, B3, Biotin dan Asam Folat. Yogurt juga mengandung asama amino yang tinggi sebagai hasil kerja bakteri . Bakteri yogurt juga mampu mensintesis beberapa vitamin seperti riboflavin dan niacin serta thiamin. Mineral dalam yogurt meskipun tidak bertambah banyak, tapi menjadi lebih mudah untuk diserap tubuh.

  • Memproduksi antibiotic alam melawan virus dan jamur

L. bulgaricus, mampu menghasilkan zat antibiotika yang disebut bulgarikan. Zat ini berbeda dengan antibiotic yang biasa kita kenal. Antibiotic ini kerjanya lebih spesifik pada mikroorganisme yang merugikan saja sehingga berefek menguntungkan bagi kita. Lain dengan antibiotic biasa, yang umumnya bekerja menyapu bersih segala jenis mikroorganisme. Bakteri merugikan yang dihambat antara lain Staphylococcus aureus, Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng). Serta jenis bakteri probiotik lain yang memiliki kemampuan menghambat bakteri merugikan jenis lain pula.

  • Menurunkan kolesterol

Yogurt, susu asidophilus (dari bakteri L. acidophilus) dan susu bifidus (dari bakteri Bifidobakterium bifidum) mampu menurunkan kolesterol darah. Kemampuan ini berasal dari zat factor antikolesterol yang menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Pengurangan kolesterol juga terjadi karena selama pertumbuhan bakteri menyerap sejumlah zat kolesterol ke dalam selnya. Penyerapan ini terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

  • Memerangi kanker dan tumor. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Bakteri asam laktat dalam usus besar mampu menyerap zat mutagenic dari makanan. Berarti dengan meminum atau memakan yogurt secara teratur dapat membantu mencegah kanker usus. Ketika “diadukan” langsung (dioleskan) dengan sel tumor, yogurt, susu acidophilus, susu bifidus, atau susu casei (susu L.casei contohnya adalah Yakult) dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Di samping itu zat tertentu yang diambil dari dinding sel bakteri bifidus dan L. bulgaricus juga memiliki efek antitumor dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

  • Memperpanjang Usia ?

Yang satu ini mungkin controversial. Kalau manfaat yang lain bisa diuji dan diteliti, soal usia panjang sulit dibuktikan, karena masalah usia manusia adalah urusan Allah swt, bukan urusan manusia. Walaupun begitu manusia bisa saja berusaha bagaimana agar usianya lebih panjang. Yaitu dengan cara menjaga kesehatan, meskipun tidak jarang kita temui orang yang sehat tiba-tiba meninggal. Yang jelas kita berusaha menjaga kesehatan, sehingga terhindar dari penyakit yang dapat mengantarkan kita pada kematian.

Sebuah penelitian seorang ilmuan berkebangsaan Rusia, dia menyimpulkan bahwa usia manusia dapat diperpendek oleh racun dari dalam usus. Factor (ilmiah) panjangnya usia harapan hidup mencakup pola makanan, gaya hidup, kondisi lingkungan, dan bakat yang diturunkan secara genetic. Setelah melihat peran bakteri probiotik dalam yogurt seperti yang telah diuraikan di atas, jelaslah manfaat yogurt bagi kesehatan. Hal ini secara langsung atau tidak tentu berpengaruh pula dalam meningkatkan harapan hidup.

 

KELEBIHAN YOGURT DIBANDING SUSU SEGAR

Soal gizi, yogurt sendiri tak perlu diragukan. Sebab yogurt dibuat dari susu yang terkenal padat dengan zat gizi. Seperti halnya susu segar, yogurt tidak mengandung vitamin C dan zat besi dalam jumlah yang cukup untuk tubuh, tapi yogurt merupakan sumber yang baik untuk mensuplai protein, fosfor, kalsium, magnesium, dan juga kalori. Selama fermentasi, gula susu (laktosa) turun menjadi sekitar 20%-50%. Kandungan protein, lemak dan mineral hamper sama dengan kandungan susu semula. Beberapa vitamin seperti A, B2, B3, biotin dan asam folat justru meningkat. Vitamin dan mineral pun menjadi lebih mudah diserap.

Bagi penderita lactose intolerance, laktosa (gula susu) menyebabkan stess pada usus, dimana usus tidak mampu menghasilkan enzim lactase yang cukup untuk merubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Disebabkan karena rendahnya kadar laktosa pada yogurt, sehingga yogurt lebih dapat diterima (mudah dicerna) bagi mereka penderita lactose intolerance (alergi gula susu). Dapat dikatakan pula bahwa yogurt telah dicerna lebih dulu (predigested) oleh bakteri, dengan kata lain yogurt adalah “sisa-sisa” kunyahan bakteri, sehingga manusia tinggal menyerap gizinya dalam usus saja. Jika susu rata-rata bias 90% dicerna dalam waktu 3 jam, untuk yogurt hanya membutuhkan waktu 1 jam. Bakteri hidup dalam yogurt juga menyombang enzim lactase, yang diperlukan untuk mencerna sisa gula susu yang masih ada dalam yogurt. Dengan demikian sebagian besar penderita alergi gula susu tidak perlu khawatir mengalami gejala alergi setelah memakan atau meminum yogurt.

Yogurt jelas lebih awet disbanding susu segar. Susu segar sangat mudah rusak (basi-asam) oleh mikroorganisme, karena kandungan gizinya yang tinggi. Yogurt tahan hingga beberapa hari pada suhu ruang, bahkan tahan beberapa minggu jika disimpan dalam lemari pendingin. Asam laktat yang dihasilkan mikroorganisme dalam yogurt akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang umumnya tidak tahan asam. Jadi asam laktat sendiri berfungsi sebagai pengawet alami.

 

AGAR MEMPEROLEH MANFAAT

Agar memperoleh manfaat dari yogurt yang diminum, pastikan bahwa bakteri probiotik pada yogurt masih hidup dan aktif, serta berjumlah milyaran. Kita dapat menguji hidup tidaknya bakteri yogurt secara sederhana di rumah. Siapkan susu segar (maksimum 6 jam setelah pemerahan) yang telah dimasak, kemudian masukkan beberapa sendok yogurt yang kita beli ke dalamnya. Tutup dan biarkan semalam . jika susu tidak menggumpal dan tetap tawar, berarti bakteri sudah mati. Kedua , jumlah bakteri harus cukup banyak (milyaran), untuk dapat “berperang” dengan bakteri merugikan dan dapat “menguasai usus. Jumlah ini sangat penting karena dari sejumlah bakteri dalam yogurt yang dimakan, hanya sebagian kecil yang sampai usus dalam keadaan hidup. Sisanya mati selama perjalanan sepanjang salauran pencernaan, terutama lambung. Jumlah bakteri adalah 2,5 milyar/gelas saat akan dimakan. Selama penyimpanan jumlah bakteri akan menurun, meski dalam pendingin. Untuk menguji jumlahnya memang sulit karena harus dilakukan di laboratorium. Jadi carilah produk yogurt yang masih baru dan sesegar mungkin, jika anda membeli di pasar swalayan. Atau anda bias membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang paling sederhana. Masaklan susu segar, juka mulai mendidih kecilkan api, biarkan 10 menit. Matikan api dan tunggu hingga hangat. Tambahkan 4 sdm/L yogurt yang anda beli, aduk hingga rata. Tutup dan biarkan dalam panic 4-12 jam (tergantung kualitas yogurt yang ditambahkan), jaga agar tidak goyang. Sesekali boleh diamati untuk melihat keadaan susu sudah menggumpal apa belum. Atau jika sibuk, bisa anda diamkan semalam, untuk anda nikmati keesokan paginya. Anda bias langsung memakannya, atau mengaduknya agar pecah dan merata, lalu menambah pemanis seperti madu, gula atau sirup. Untuk pertama kali (jika memang belum biasa makan yogurt) jangan makan banyak-banyak, untuk membiasakan usus terlebih dahulu.

 

Sumber :

  1. S. Haryanto, Segarnya Yogurt, Bandung, 1998 (tanpa penerbit)
  2. R. Fuller, Probiotics : The Scientific Basis, Chapman & Hall, 1992
  3. www. foodsci.uoguelph.ca/

 

Komentar»

1. weri - September 13, 2007

slm siang
saya weri mahasiswi yang lagi tugas akhir saya kesulitan mencari klasifikasi bakteri probiotik ( Lactobacillis bulgarikus, Lac.acidophilus, Streptococus thermophilus, Bifidobacterium)
mohon bantuanya, trims

2. SAMSIAH - September 29, 2007

PENERANGAN YANG JELAS DAN DAPAT DIMANFAATKAN DALAM KEHIDUPAN HARIAN…..:-)

3. esther - Oktober 31, 2007

apa sih bedanya bakteri protektus dengan bakteri bulgaricus?

ada yang tahu

4. elika - Januari 28, 2008

calam knl mbak……….
mbak bisa sebutin klasifikasi bakteri dengan lengkp ga
plesae mbak bantuin elika dunk
mksh ya seblmnya

salam kenal juga, tapi masa sich website ini yang punya mbak?????.untuk pertanyaan anda wah barangkali pembaca ada yang tahu

5. farisa - April 1, 2008

apa yang menyebabkan kegagalan dalam pembuatan yogurt? balas cepetan

6. indah fm - Juni 11, 2008

aq mmg suka yougurt :> hasilny liat ndiri hehe…wopo toh

7. y4y - September 10, 2008

seNrnya sal yougurt ri mana cih………????
n nap jga lebih berkhasiat ougurt dr pd susu segar???????????/////
thnxxx!!!!!!

8. ema - September 11, 2008

biasanya ada rasa pahit yang terasa pada yogurt susu olahan di kampus kami. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

9. ema - September 11, 2008

balas ga pke lama ya,penting!

10. nissaajeng - Desember 14, 2008

di mana ya lw cari kedua bakteri buat bikin yogurt.makasih lw ada yg tau

11. cimporong doqank - Januari 9, 2009

tolong cariin tgs kmi tntng microorganisme yang bermanfaat bg qt2 ,,,,,,,,,,,,,,,,,plzzzzzzzzzzzzzz

12. feri rahman - Februari 10, 2009

saya kesulitan mencari bakteri untuk pembuatan yogurt, afwan sebelumnya ana bermaksud mengembangkan usaha umi ana dengan membuat mencoba memproduksi yogurt, tapi ana minta dimana ya kita bisa beli bakteri atau starternya, syukron jawabannya. ana mohon kalau bisa kirim jawabannya di email ana (semutgeni_052588@yahoo.co.id)

13. hidayanti - Februari 11, 2009

keren makasih artikelnya hebat :D saya doyan sekali sama yogurt :D

14. faezah - Februari 25, 2009

tq bg info berguna..nk tau bagaimana n buat ygurt sendiri dirumah

15. r0ch4 - Februari 26, 2009

wah….seeep mas, makasih atas infonya…..permisi, saya repost artikelnya di blog saya

16. andin - Maret 20, 2009

bagus banget artikelnya, mo tanya mas,
kalo bikin yogurt sendiri bisa gak kalo susunya bukan susu segar? misalnya pake susu bubuk instan gitu.
mohon bantuannya. trims b4

17. mery - Mei 4, 2009

saya mau nanya dimana saya bisa membeli starter yogurt yang lactobacillus dan streptococcus ?kalo bisa daerah sekitar bandung. terima kasih

18. rera - Oktober 6, 2009

saya pernah mengkonsumsi yoghurt tapi rasanya panas di tenggorokan, mengapa hal ini terjadi, padahal “katanya” asli…
terimakasih atas informasinya..

19. veve - Februari 21, 2010

maaf saya veve…
saya lg kesulitan memutuskan menggunakan bakteri apa untuk membuat minuman probiotik yang didalam minuman itu dimasukkan ekstrak daun jambu biji…mohon bantuannya…

20. ika - Maret 6, 2010

lam kenal,
saya tertarik dengan membuat yogurt dirumah.
tetapi komposisinya adalah susu sapi segar yang baru di perah. di tempat saya tidak ada peternakan sapi perah. boleh ga pake susu sapi yang di jual di minimarket?

reni - Juli 21, 2010

boleh memakai susu sapi di supermarket, pada prinsipnya yoghurt yang dibuat dari susu yang telah dipasteurisasi, yaitu di rebus hingga 90 C (ga sampe mendidih) selama 15 menit. atau jika ga pengen repot, pake susu yang ada keterangan UHT (sudah disterilkan)

21. shintadewee - Maret 9, 2010

makcih infox..
q ikut coppy yawh…

ehm..q tunggu kunjungan bliknya..
http://www.shinta91.wordpress.com

22. saintyoda - Mei 21, 2010

terima kasih

23. ekowk - November 15, 2010

Salam… , nama saya Eko, saya menyediakan Yoghurt homemade surabaya. SAE Froyo menyediakan aneka product yoghurt fresh berdasarkan order saja untuk area Surabaya dan sekitarnya. Yoghurt SAE Froyo terjaga kesegarannya, 100% halal dan tidak menggunakan bahan pengawet. Product yoghurt yang kami hasilkan terbuat dari susu tanpa lemak (non fat frozen) sehingga memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah dibanding yogurt biasa juga bertekstur lembut dan creamy, untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan mengunjungi http://saefroyo.blogspot.com, thx’s untuk promosinya.

24. alexandra tri tantya - November 27, 2010

permisi…..

dulu saya pernah membuat yogurt di lab, nah dan hasilnya itu yogurt yang dibuat menghasilkan gas sehingga kemasan itu menggembung….yang ingin saya tanyakan bagaimana ya caranya agar yogurt itu tidak mudah terkontaminasi???

terima kasih…..

25. nurul - November 27, 2010

thanks atas infonya….

26. happyfroyo - Mei 11, 2011

informasi yg sangat berguna, dari informasi ini akhirnya saya membuak sebuah outlet Frozen Yogurt namanya happy froyo, yang mo coba boleh ko datang aja ke Blok M Square Lt 5 (Depan D’Cost atau BMK), enak dech.. gak kalah sama red mango atau soursally koq… datang yaaa!!!

27. ibnu khotib - November 25, 2011

akh di mana toh cari bibit/biang yogurt?? ane lg cari, mau bikin buat anak. kalo tau antm siapa toh??tinggal di malang?? jurusan/angkatan brapa??[bkn investigasi,kali ja ane tau
]

28. rini wulandari - April 2, 2012

Luar biasa manfaat yogurt…saya mengkomsumsi nya setiap hari..thanku yogurt,,

29. daei - April 13, 2012

dimana alamat mana atau nomer HP brapa yg bisa sy hubungi agar sy bisa membeli yoghurt. trmksih…

30. Centras - Februari 25, 2013

Pusat Studi Hewan Tropika (CENTRAS) LPPM IPB menjual kultur starter untuk yogurt, yang terdiri dari bakteri Lactobacilus bulgaricus, Streptococcus thermophilus, dan tambahan probiotik Lactococcus lactis. Silahkan hubungi : (0251) 8350413 atau email ipb.centras@yahoo.com.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: